ODL siswa kelas 3 dan kelas 5

Jam 8 pagi berangkat dari sekolah, sampai di Taman Safari Indonesia II (TSI II) masih cukup pagi, bahkan loket tiketpun belum buka. Sambil menunggu bukanya loket tiket, kami berfoto ria di lapangan parkir ditemani pagi yang masih berembun. Tak berapa lama kemudian, tiketpun kami peroleh, masing-masing
segera memasang tiket yang berbentuk gelang tangan berwarna merah.
Perjalanan dimulai dengan Safari menggunakan bus untuk keliling melihat hewan-hewan liar koleksi TSI II, aneka satwa yang menarik perhatian siswa (maklum jarang melihat) segera memancing celoteh dan tanya mereka. Pengalaman yang berharga. Kegiatan ini berakhir pukul 10.30 di pool H, lapangan parkir, dekat Mushollah. Kamipun membuka bekal makanan di sini sebagai persiapan melaksanakan perjalanan berikutnya.

10.45 kami sudah duduk-duduk di arena atraksi gajah. Wah... seru, sebagaimana slogan mereka (TSI II), ini bukan sekedar hiburan, tetapi berpuatan pendidikan untuk menyintai satwa dan lingkungan. Usai nonton atraksi gajah, kami menikmati wahana permainan yang tersedia, phui... seru... bahkan Bapak Guru ikutan main bom-bom car, kami seperti kekurangan waktu untuk menikmati semua itu. Turunnya hujan sedikit mengganggu aktivitas kami, tapi semangat ..... wow... masih penuh.
Pk. 12 siang, kami... ditemani Pak Judin... masuk rumah misteri.... antrean panjaaaang... gak masalah. Sebenarnya takut juga sih, tapi ketakutan itu terkalahkan oleh rasa ingin tahu kami.. go !. Keluar dari Rumah Misteri pk. 13.00 duh... jadwal atraksi Dolphin alias lumba-lumba, bergegas kami mengayun langkah menuju arena lumba-lumba, kami lihat Bapak/Ibu Guru mengawasi kami dari kejauhan, amaaan...
Atraksi lumba-lumba diawali dengan penampilan 2 ekor berang-berang, imuut.... dan geli. disusul oleh penampilan anjing laut dan diakhiri oleh penampilan 2 ekor lumba-lumba. Wow... gak rugi, gak rugi, gak rugi ... kami memilih TSI II untuk mengakiri kegiatan akhir tahun ini. Tepung tangan pengunjung tak henti-henti mengiringi penampilan 2 ekor lumba-lumba ini. Selesai nonton atraksi lumba-lumba, kami digiring oleh Bapak/Ibu guru untuk sholat dzuhur di musholla. Selesai sholat..... yeeeee... renang ! gembira pol ... di sini seperti lupa waktu, maunya teruuus saja. Beberapa teman kami yang tidak bawa baju renang, atau oleh orang tuanya dipesan untuk tidak renang, memilih untuk jalan-jalan ke taman burung, taman ular, taman reptil, pinguin.... dan nonton pertunjukan atraksi harimau..... wow... Pk. 16.00 waktunya Temple of Terror ... woow... wow... wow... gak bisa diceritakan deh.... kalau pingin tahun datang saja sendiri ke sana.
Usai temple of terror masih belum pingin pulang... setelah sholat asar di mushola dekat taman burung, kami memaksa Bapak/Ibu Guru jalan-jalan, beruntung kami mempunyai Bapak/Ibu guru yang sabar mendampingi kami... tetapi sayang beberapa wahana sudah tutup, maklum memang sudah sangat sore... akhirnya kami menunju tempat parkir tempat bus menunggu... dan kamipun pulang. Wah... satu hari ini begitu cepat.